5 Kebiasaan Orang yang Hebat dalam Menghemat Uang

12 Agustus 2021 08:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

5 Kebiasaan Orang yang Hebat dalam Menghemat Uang (Pexels.com/Olia Danilevich)

JAKARTA - Tidak semua orang bisa dan mampu untuk menabung. Ada juga yang tidak bisa menabung karena memang tidak biasa menabung, sehingga semua uangnya akan dihabiskan untuk waktu yang sesaat.

Padahal, saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, tentu membuat Anda memahami bahwa dana darurat dan tabungan merupakan hal yang penting untuk jadi prioritas. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menerapkan kebiasaan dalam menghemat uang berikut ini.

1. Penabung yang Baik Memiliki Rekening Pensiun

Dalam uang yang Anda miliki sekarang, ada porsi yang harus disisihkan untuk bekal di masa pensiun. Oleh karena itu, cobalah untuk menabung sebanyak 10-15 persen dari gaji Anda setiap bulan langsung ke rekening tabungan pensiun.

2. Penabung yang Baik Tahu Perbedaan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Banyak orang yang merasa atau beranggapan bahwa pakaian baru dan makan di luar adalah suatu kebutuhan yang nyata. Padahal, hal itu bisa jadi keinginan semata.

Untuk menjadi penabung yang baik, cobalah untuk menuliskan daftar kebutuhan dasar dan keinginan. Dengan cara tersebut, Anda bisa mengetahui, mana yang hanya keinginan dan mana yang benar-benar merupakan kebutuhan Anda sekarang.

3. Penabung yang Baik Memiliki Anggaran

Dengan memiliki anggaran, Anda bisa mengetahui, berapa yang harus Anda keluarkan setiap bulan, dan kategori pengeluaran mana yang bisa diminimalisir agar makin hemat.

4. Penabung yang Baik Menggunakan Uang Tunai atau Cek

Mengutip dari laman Reader's Digest, penabung yang baik sering kali cenderung menggunakan jenis uang fisik. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dapat menghabiskan lebih banyak uang dengan kartu kredit dibandingkan membayar dengan uang tunai.

Jika Anda mencoba menabung, cobalah menggunakan uang tunai karena dapat memberikan dorongan mental yang cukup untuk memperlambat pembelian yang impulsif.

5. Penabung yang Baik Melacak Hal-hal Kecil

Penabung yang baik akan selalu mencatat pengeluaran yang dilakukan setiap hari termasuk pengeluaran dengan nominal yang kecil. Jika Anda melakukan hal ini, Anda bisa melacak biaya tersembunyi yang tidak Anda sadari telah Anda keluarkan.

Selain itu, penabung yang baik juga tidak takut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan hidup. Perubahan besar dalam hidup seperti PHK, perceraian atau terkena penyakit pasti dapat memengaruhi anggaran. Penabung yang baik akan mengubah pengeluaran mereka untuk mencerminkan penghasilan atau status pendapatan barunya, terlepas dari menyakitkannya perasaan harus mengakui keadaan keuangan yang sedang menurun tersebut. 

Berita Terkait