5 Ide Passive Income yang Cocok Bikin Kamu Makin Cuan

05 Agustus 2022 06:03 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

5 Ide Passive Income yang Cocok Bikin Anda Makin Cuan (Trenasia.com)

JAKARTA - Passive income merupakan pendapatan tambahan yang hanya membutuhkan sedikit atau tanpa usaha Anda secara terus menerus. Passive income juga bisa menjadi cara yang tepat untuk membantu Anda menghasilkan gaji tambahan terutama jika inflasi ikut memengaruhi kondisi perekonomian Anda.

Dengan adanya penghasilan pasif, maka Anda bisa tetap mendapatkan uang meski jika suatu saat Anda tiba-tiba tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Selain itu, penghasilan pasif dapat membuat Anda memperoleh uang tambahan sambil mengejar karier di pekerjaan utama Anda.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, berikut ide passive income yang bisa Anda coba biar makin cuan.

Buat Kursus

Saat pandemi COVID-19, ada banyak kelas-kelas online yang menyediakan kursus pelatihan yang dapat memberikan keterampilan bagi pesertanya. Bagi Anda yang memiliki keterampilan, Anda bisa membuat kursus dan didistribusikan serta dijual melalui situs seperti Udemy, SkillShare, dan Coursera.

Anda juga bisa menggunakan model ‘freemium’ di mana awalnya Anda menyediakan konten gratis lalu membebankan biaya untuk informasi atau kursus yang lebih detail jika peserta ingin tahu lebih banyak.

Buat E-book

Menulis e-book dapat menjadi peluang yang bagus untuk Anda mendapatkan uang atau memonetisasi karya yang Anda buat. Anda juga bisa membuat tulisan seperti cerpen atau tulisan berbayar lainnya dan menerbitkannya di platform seperti Karyakarsa.

Ikut Affiliate Marketing

Semua orang kini bisa menjadi ‘influencer’. Dengan mengikuti program affiliate marketing yang sering diselenggarakan oleh berbagai e-commerce, Anda bisa membuat konten menarik dan mendapatkan komisi setiap barang yang Anda pasarkan lewat media sosial. 

Jual Foto Secara Online

Saat ini Anda tentu memiliki ponsel yang terdapat kamera. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan memotret gambar-gambar ilustrasi yang dibutuhkan oleh pembuat konten. Anda bisa menjual foto secara online dengan mengunggah foto lewat Getty Images, Shutterstock, atau Alamy.

Beriklan di Mobil

Anda mungkin pernah melihat beberapa mobil yang bagian belakangnya terdapat iklan suatu produk. Anda bisa mencoba hal tersebut dengan menghubungi biro iklan khusus yang akan mengevaluasi kebiasaan mengemudi Anda termasuk di mana Anda mengemudi, dan seberapa jauh Anda mengemudi. Jika Anda cocok menjadi salah satu pengiklan, Anda bisa mendapatkan uang dari menyediakan space iklan di mobil Anda ini.

Berita Terkait