5 Harta Karun Dunia yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri (Part 6 - Habis)

10 April 2022 10:01 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Laila Ramdhini

Deretan harta karun berharga yang keberadaannya masih menjadi misteri. (Pixabay)

Keberadaan beberapa harta berharga dunia yang hilang masih memiliki kemungkinan untuk ditemukan dan diselamatkan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan beberapa di antaranya mungkin telah dihancurkan.

Berikut adalah lanjutan sekaligus bagian terakhir dari beberapa harta paling berharga lainnya di dunia yang keberadaannya masih menjadi misteri, seperti dikutip dari Live Science.

26. Harta Karun di Kota Kuno Nimrud

Ilustrasi kota kuno Nimrud di Iraq yang memiliki banyak harta karun dan kini sebagian telah hancur. 

Terdapat sebuah kota kuno di Iraq modern bernama Nimrud yang merupakan ibu kota kekaisaran Asyur yang saat itu dipimpin oleh Ashurnasirpal II pada rentang tahun 883-859 SM.

Sampai saat ini, kota itu harus melewati sejarah yang panjang dan berat.

Kelompok teroris yang dikenal sebagai kelompok Negara Islam (Islamic State) atau ISIS merebut kota kuno itu pada Juni 2014 dalam serangan militer. Nimrud baru berhasil direbut kembali dua tahun setelahnya.

Namun, ISIS telah menghancurkan sebagian kota dan menggunakan buldoser untuk menghancurkan dan menggali bagian-bagian kota. Penjarahan juga terjadi setelah perebutan kembali kota itu karena masih kurangnya keamanan. 

Beberapa harta berharga di Namrud masih bisa diselamatkan dan diperbaiki walaupun sebagian besar telah hancur. Bahkan ada kemungkinan harta-harta itu bisa ditemukan di pasar gelap.

27. Bukti Pendakian Pertama Gunung Everest

Penjelajah asal Inggris, George Mallory dan Andrew Irvine yang fakta mengenai kegagalan atau keberhasilan memuncaki Gunung Everest masih belum terjawab.

George Mallory dan Andrew Irvine, dua penjelajah asal Inggris, menghilang saat sedang dalam perjalanan menuju puncak Gunung Everest pada 8 Juni 1924. Badai mungkin telah menggagalkan langkah terakhir mereka untuk mencapai puncak. 

Kelompok pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak adalah sebuah tim yang dipimpin oleh Edmund Hillary pada tahun 1953.

Tubuh Mallory ditemukan pada tahun 1999 dan penyebab kematiannya adalah terjatuh. Sementara itu, tubuh Irvine yang membawa kamera selama perjalanan tidak pernah ditemukan. 

Pertanyaan yang masih menjadi misteri apakah kedua pendaki itu sebenarnya telah berhasil mencapai puncak sebelum meninggal.

Jika film dalam kamera masih terpelihara maka kemungkinan filmnya bisa dikembangkan, dan pertanyaan apakah Mallory dan Irvine berhasil mencapai puncak Everest sebelum meninggal akhirnya bisa terjawab.

28. Lukisan Kontroversial Karya Michelangelo

Reka ulang lukisan Michelangelo yang berjudul "Leda and the Swan" karya Giovanni Boldini.

Lukisan “Leda and the Swan” adalah karya seniman Michelangelo. Karya itu menunjukkan sebuah adegan di mana dewa Jupiter yang berwujud angsa sedang merayu Leda yang merupakan ratu Sparta dari mitologi kuno. 

Menurut mitos, Helen dari Troy adalah salah satu keturunan mereka. 

Lukisan asli karya Michaelangelo sekarang hilang dan salinan yang masih bertahan tinggal sedikit.

Salinan lukisan itu menunjukkan karya Michelangelo yang cukup erotis dengan menggambarkan Leda sedang berhubungan intim dengan Jupiter.

Penyebab hilangnya lukisan itu masih menjadi misteri sampai sekarang. Namun, selama 500 tahun terakhir banyak orang yang menganggap karya itu terlalu erotis dan akhirnya dihancurkan di beberapa tempat.

29. Film “Life of General Villa”

Jenderal revolusioner Meksiko, Francisco “Pancho” Villa yang memimpin pertempuran melawan pemimpin Meksiko.

Film berjudul “Life of General Villa” merupakan film hilang yang menceritakan jenderal revolusioner Meksiko, Francisco “Pancho” Villa (1878-1923). Ia tergabung dalam serangkaian pertempuran melawan para pemimpin Meksiko.

Film itu menampilkan rekaman asli dari pertempuran pasukan Villa, walaupun film itu dicampur dengan fiksi yang cukup banyak. Villa menandatangani kontrak dengan Mutual Film Corporation (pembuat film) yang mengizinkan perekaman kehidupan dan pertempurannya. Imbalan yang disepakati dari perjanjian itu adalah hasil pendapatan dari film.

Film itu akhirnya dirilis dan tayang secara publik sebelum hilang.

Villa menjadi musuh Amerika Serikat tidak lama setelah rilis film karena pembunuhan beberapa orang Amerika saat pasukannya menyeberang ke New Mexico. 

Expedisi militer yang dijalankan AS untuk memburunya di Meksiko pada tahun 1916 gagal. Akhirnya ia tewas pada tahun 1923 dalam pembunuhan yang kemungkinan diperintahkan oleh beberapa pemimpin Meksiko.

30. Film Cerita Durasi Panjang Pertama

Cuplikan film "Story of the Kelly Gang" yang merupakan film cerita berdurasi panjang pertama di dunia.

"Story of the Kelly Gang" merupakan film yang dianggap sebagai film berdurasi panjang pertama di dunia. Film yang berlangsung selama satu jam lebih itu dirilis di Australia pada tahun 1906.

Film itu menceritakan kisah penjahat pada abad ke-19 bernama Ned Kelly (1854-1880) dan gengnya. 

Penggambaran film tentang geng kriminal membantu kesuksesan film itu. Namun film itu juga menghasilkan berbagai laporan kejahatan dan penayangannya disensor di beberapa tempat.

"Pada Mei 1907, film tersebut menginspirasi lima anak lokal di kota Ballarat di Victoria untuk masuk ke sebuah studio fotografi dan mencuri uang, setelah itu mereka menodongkan senjata pada sekelompok anak sekolah," tulis Sally Jackson dan Graham Shirley, sejarawan film dalam sebuah artikel. 

Kepala Sekretaris Victoria akhirnya melarang penayangan film itu dari Benalla dan Wangaratta, dua kota dengan koneksi Kelly yang kuat.

Menurut Jackson dan Shirley, pada tahun 1970-an hanya ada sisa-sisa materi publisitas dan foto karena perawatan film yang tidak baik. Ada beberapa potongan film yang ditemukan dan berhasil direstorasi untuk memungkinkan penayangan beberapa bagian film. Meski begitu, sebagian besar film tetap hilang.

 

 

Simak tulisan lainnya:

5 Harta Karun Dunia yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri (Part 1)

5 Harta Karun Dunia yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri (Part 2)

5 Harta Karun Dunia yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri (Part 3)

5 Harta Karun Dunia yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri (Part 4)

5 Harta Karun Dunia yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri (Part 5)

Berita Terkait