5 Fakta Menarik Jakarta International Stadium

15 Desember 2021 20:01 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Rizky C. Septania

Bangunan Jakarta International Stadium yang nampak dari atas terlihat seperti permen lolipop (Tangkapan layar )

JAKARTA –Fakta menarik dari Jakarta International Stadium (JIS) yang baru dibangun sejak 2019 lalu membuat stadion ini semakin buat bangga. 

Selain fasilitasnya yang mewah dan terintegrasi, Jakarta International Stadium juga memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar.

Sebagai warga Indonesia tentunya kehadiran Jakarta International Stadium sangat ditunggu-tunggu karena JIS jadi stadion terbesar di Indonesia. Memberikan kepuasan tersendiri untuk menonton pertandingan sepak bola hingaa konser internasional.

Berikut ada 5 fakta menarik dari Jakarta International Stadium yang sudah dirangkum dari akun resmi Jakintstadium yang wajib diketahui agar semakin bangga, diantaranya:

1. Berbentuk Permen Lolipop

Tahukah kamu, kalau stadion besar pertama Indonesia ini didirikan di Tanjung Priok Jakarta Utara. Hal menariknya stadion ini dibangun seperti bentuk lollipop jika dilihat dari atas bangunan Jakarta International Stadium.

Stadion ini bisa menampung 82 ribu pengunjung dengan ketinggian gedung mencapai 45 meter atau setinggi gedung apartemen 25 lantai. Fakta lainnya stadion ini lebih tinggi disbanding gedung Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dengan fasilitas parkir VIP untuk 800 mobil.

2. Pakai Teknologi Lighting Grass Growth

Selain besar dan megah, Jakarta International Stadium juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas modern untuk mendukung perawatan gedung ketika sudah beroperasi. Salah satu fasilitas modern yang menggunakan teknologi berupa perawatan rumput hybrid lapangan.

Stadion yang saat ini pengerjaannya memasuki minggu ke-119 memilih Teknologi Lighting Grass Growth untuk perawatan rumput yang sudah digunakan di stadion berstandar internasional.

Penggunaan teknologi ini membantu merawat rumput disaat cuaca sedang tidak menentu serta menghemat biaya perawatan rumput.

3. Stadium Terbesar dan Termegah di dunia

Saat ini proses pembangunan Jakarta International Stadium terus dilakukan agar selesai tepat waktu dan bisa segera digunakan. Selama periode 3-9 Desember 2021 pengerjaan pembangunan sudah mencapai 89,3224% yang baru saja dilakukan pemasangan metal atap.

Fakta menarik lainnya dari stadion ini adalah diraihnya predikat terbaik ke dalam jajaran 10 stadium terbesar dan termegah di dunia menurut laporan Daily Mail edisi Februari 2021.

JIS berada di urutan setelah Stadium Miami Freedom Park di Florida, Lusail Iconic di Qatar, Bramley-Moore Dock di Liverpool, Camp Nou di Barcelona, Santago Bernabeu di Madrid, New Feyenoord di Belanda, Della Roma di Roma, New San Siro di Milan dan Grand State de Casablanca di Maroko.

4. Bangunan Green Building Pertama di Indonesia

Bangunan besar Jakarta International Stadium selain memberikan rasa bangga untuk masyarakat Indonesia sebagai stadion berkelas Internasional. Stadion satu ini juga menjadi stadion berstandar FIFA dengan diraihnya sertifikat atau Greenship Level Platinum dari Lembaga Sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).

5. Dukung Jakarta Sebagai Liveable City

Jakarta Internation Stadium didirikan sebagai salah satu contoh pembangunan perkotaan berkelanjutan dan layak huni (Liveable City).

Stadion terbesar Indonesia juga meraih rekor MURI berupa Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat, Stadion Pertama di Indonesia yang Menggunakan Sistem Atap Buka-Tutup dan Stadion Green Building.

Selain itu JIS menerapkan teknologi inovasi renewable energy atau energy terbarukan berupa teknologi panel surya dan zero run off, penghematan pengunaan air dan penyediaan sensor monitoring CO2 pada ruangan yang memiliki kepadatan tinggi.

Demikian 5 fakta Menarik dari Jakarta International Stadium kepunyaan Indonesia. Bagaimana, sudah banggakan dengan stadion satu ini?

Jangan lupa untuk ikut berpartisipasi mengambil peran untuk merawat dan jadi tuan rumah yang baik!

 

 

Berita Terkait