5 Drama Korea Terbaik yang Berhasil Mendapatkan Berbagai Penghargaan

29 Mei 2022 12:03 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

5 Drama Korea Terbaik yang Berhasil Mendapatkan Berbagai Penghargaan (Netflix.com, instagram.com/netflixkr)

JAKARTA - Ajang penghargaan termasuk dalam industri hiburan membuat drama Korea meningkat kualitasnya dan membuat semakin banyak orang yang menyaksikan drakor tersebut. Selain itu, banyak juga drama Korea yang berhasil memenangi berbagai penghargaan internasional.

Berikut drama Korea terbaik dan terlaris yang berhasil mendapatkan berbagai penghargaan, seperti yang dilansir dari laman Korean Binge.

Descendants of The Suns (2016)

Drama Korea yang dibintangi oleh Song Joong-ki, Song Hye-kyo, Jin Goo, dan Kim Ji-won. Drakor ini mengisahkan cerita antara Kapten Yoo Shi Jin, pasukan khusus Korea dan dokter Kang Mo Yeon yang merupakah ahli bedah di Rumah Sakit Haesung. Bersama-sama, mereka menghadapi bahaya di negara yang dilanda perang. 

Drakor yang ditayangkan pada tahun 2016 ini berhasil meraih 45 kemenangan dari 84 nominasi, beberapa di antaranya yaitu Grand Prize for TV Series di 2016 Baeksang Arts Awards, Grand Prize for Excellence in Production di 2017 Korea Communications Commission Broadcasting Awards, Grand Prize Daesang untuk Song Joong-ki, Song Hye-kyo, dan masih banyak lagi.

My Love From The Star (2013-2014)

Drama Korea ini mengisahkan seorang alien yang telah terdampar di Bumi selama lebih dari 400 tahun dan hampir bisa kembali ke rumah. Namun, ia justru bertemu dengan seorang aktris terkenal yang membuatnya tertarik.

Drakor yang dibintangi oleh Jun Ji-hyun, Kim Soo-hyun, Park Hae-jin, Yoo In-na, Shin Sung-rok dab Ahn Jae-hyun mendapatkan banyak penghargaan seperti Daesang Grand Prize untuk Jun Ji-hyun, Grand Prize Daesang untuk sinematografi di 27th Grimae Awards, dan Grand Prize Daesang untuk Kim Soo-hyun di 7th Korea Drama Awards.

Reply 1988 (2015-2016)

Drama Korea ini mengisahkan kehidupan 5 keluarga yang tinggal di jalan yang sama di lingkungan bernama Ssangmundong di Seoul. Drakor ini berhasil membawa penontonnya untuk nostalgia dengan melihat kembali kondisi lingkungan Korea Selatan pada tahun 1988.

Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Hye-ri, Ryu Jun-yeol, Go Kyung-pyo, Park Bo-gum, Lee Dong-hwi ini berhasil mendapatkan Grand Prize Daesang untuk kategori serial TV di tvN10 Awards.

Squid Game (2021)

Drama Korea ini berhasil mendapatkan 18 kemenangan dari total 42 nominasi, beberapa di antaranya yaitu penghargaan Grand Prize (Daesang) di Baeksang Arts Awards 2022, Special Award di AFI Awards 2021, Best Foreign Language Series di Critics’ CHoice TV Awards 2021.

Drakor bergenre drama survival dan thriller ini mengisahkan ratusan kontestan yang mengalami keterbatasan ekonomi menerima undangan untuk melakukan kompetisi. Kompetisi tersebut meminta mereka untuk melakukan permainan anak-anak untuk mendapatkan hadiah yang menggiurkan tapi taruhannya adalah nyawa.

Hospital Playlist (2020-2021)

Drama Korea yang telah tayang sebanyak 2 musim dan 24 episode ini meraih 14 kemenangan dari 31 nominasi dengan penghargaan tertinggi yaitu Best Drama di 2020 Brand of the Year Awards. Drama yang mengisahkan lima orang dokter yang telah bersahabat sejak sekolah menengah berbagi kecintaan mereka pada musik ketika bekerja di rumah sakit yang sama.

Berita Terkait