5 Cara Sederhana Agar Bisa Hidup Bebas dari Utang

04 Agustus 2021 14:36 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

5 Cara Sederhana Agar Bisa Hidup Bebas dari Utang

JAKARTA - Kita semua tentu pernah menginginkan untuk membeli barang-barang mahal, melakukan liburan ke luar negeri dan menerapkan gaya hidup mewah kepada keluarga kita. Namun, terkadang sebagian besar dari kita justru terjebak dalam jebakan utang karena kurangnya pencernaan keuangan.

Oleh karena itu, simak cara sederhana berikut ini yang dapat mengurangi utang dan akhirnya membuat Anda bisa hidup bebas dari utang.

1. Buat Daftar Utang Berdasarkan Suku Bunga
Pertama-tama, buatlah daftar utang, misalnya kredit rumah, kredit mobil, kredit pendidikan, kartu kredit, dan sebagainya dalam urutan menaik atau menurun sesuai tingkat bunga mereka. Semakin cepat Anda menyingkirkan pinjaman berbunga tinggi, semakin baik untuk kesehatan keuangan Anda.

2. Bayar Lebih dari Pembayaran Minimum
Baik itu utang pembayaran kartu, pinjaman pribadi, atau pinjaman pelajar, salah satu cara terbaik untuk mengurangi utang adalah dengan melakukan pembayaran bulanan lebih dari minimum. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda menghemat bunga tambahan selama masa pinjaman Anda, tetapi juga akan mengurangi durasi pembayaran Anda. Juga, jangan lupa untuk memeriksa kembali penalti pembayaran di muka sebelum Anda memulai.

3. Jual Semua Barang yang Tidak Anda Butuhkan
Jika Anda sedang mencari cara untuk mengurangi utang dengan cepat untuk hidup bebas utang, pertimbangkan untuk menjual barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan selama setahun. Karena ada kemungkinan, Anda mungkin tidak akan pernah menggunakannya. Saat ini, menjual barang tidak terlalu sulit berkat berbagai platform online.

4. Ambil Usaha Sampingan
Cara lain untuk membayar pinjaman adalah dengan mendapatkan uang tambahan dengan mengambil pekerjaan sampingan. Tentu setiap orang memiliki bakat atau keterampilan yang dapat menghasilkan uang. Jika Anda tidak memilikinya, cobalah untuk belajar keterampilan tertentu yang dapat dipelajari secara gratis di internet.

5. Lacak Pengeluaran dan Identifikasi Pembayaran yang Harus Dikurangi
Banyak orang dapat menghemat banyak uang ketika mereka secara konsisten melacak pengeluaran. Itulah mengapa penting untuk melacak setiap pengeluaran kecil dan besar yang Anda miliki dalam sebulan. Anda harus jujur ​​dalam latihan ini karena sebaliknya tidak akan berhasil.

Setelah Anda mengetahui kebiasaan pengeluaran Anda, Anda dapat mengidentifikasi area di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran, lalu uang itu dapat digunakan untuk membayar utang Anda.

Berita Terkait