5 Alasan Mengapa Anda Perlu Punya Pekerjaan Sampingan Meskipun Dianggap Melelahkan

13 Juli 2022 17:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Meski Dianggap Bikin Lelah, Ini 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Punya Pekerjaan Sampingan (Trenasia.com)

JAKARTA - Belakangan, istilah side hustle atau pekerjaan sampingan mendapatkan kesan karena dianggap mengganggu work life balance yang membuat banyak orang merasa kelelahan (burnout). 

Meski begitu, penghasilan tambahan yang didapatkan dari pekerjaan sampingan tetap dibutuhkan. Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu memiliki pekerjaan sampingan, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Memiliki Lebih Banyak Sumber Penghasilan

Menghasilkan penghasilan tambahan tidak pernah ketinggalan zaman. Selain itu, dengan memiliki pekerjaan sampingan, Anda bisa menemukan, mempelajari, atau mempraktikkan keterampilan baru, menjelajah suatu bidang yang menjadi passion Anda.

 Atau bahkan hanya memberdayakan diri sendiri untuk menemukan bahwa Anda memiliki pendapatan di luar pekerjaan harian atau gaji.

Anda bisa memulainya dengan belajar keterampilan baru, menjajakan buku atau barang bekas, atau menjual jasa sebagai fotografer. Memiliki penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama juga dapat membuat Anda jadi lebih mandiri.

Dapat Menggunakan Tambahan Uang untuk Melunasi Utang

Membayar atau melunasi utang bagi banyak orang adalah salah satu alasan utama mengapa Anda membutuhkan pekerjaan sampingan. Jika Anda melunasi utang dan merasa tidak ada kemajuan yang dihasilkan, Anda bisa mengatasinya dengan mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan.

Anda Memperoleh Tambahan Uang untuk Membangun Kekayaan

Jika Anda tidak bekerja untuk melunasi utang, mungkin Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan untuk membangun kekayaan lebih cepat. Selain itu, penghasilan tambahan juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan tabungan dana darurat atau memaksimalkan investasi yang Anda miliki.

Pekerjaan Sampingan Bisa Menjadi Pekerjaan Utama

Tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan sampingan Anda mungkin justru berubah menjadi pekerjaan penuh waktu Anda, apalagi jika pekerjaan tersebut Anda sukai. Hal ini tentu lebih menguntungkan karena Anda bisa bekerja di suatu bidang yang Anda sukai.

Anda Lebih Menghargai Waktu

Seorang pekerja yang memiliki bisnis atau pekerjaan sampingan, pada umumnya cenderung lebih inovatif, proaktif, dan terorganisir. Jika tidak, tentu mereka tidak akan mampu menyeimbangkan 40 jam kerja seminggu di satu tempat kerja dan jam kerja lain di bisnis sampingan yang dilakukan. Memiliki tanggung jawab lebih, Anda akan lebih menghargai waktu dan mampu mengorganisir pekerjaan.

Berita Terkait