4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sekitar Bendungan Jragung

06 Juni 2022 17:00 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Rizky C. Septania

Intip 4 Destinasi Wisata di Sekitar Bendungan Jragung/ Foto: Tangkapan layar (null)

JAKARTA - Bendungan Jragung merupakan salah satu proyek yang dibangun oleh perusahaan konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Brantas Abipraya (Persero)

Pembangunan bendungan ini berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang konstruksinya mulai dikerjakan pada 2020. Bendungan Jragung nantinya dapat menyuplai tiga daerah di Kabupaten Semarang seperti Semaran, Demak, dan Grobogan.

Pengerjaan bendungan ini memiliki masa pelaksanaan 1529 hektare (Ha) dan ditargetkan pada akhir 2024. Di sekitar Bendungan Jragung terdapat tempat wisata yang bisa dikunjungi masyarakat sekitar.

Berikut empat rekomendasi destinasi wisata yang ada di sekitar Bendungan Jragung yang dikutip dari akun resmi instagram Waskita Karya, Senin, 6 Juni 2022.

Kayangan Tebing Alfath

Kayangan Tebing Alfath/ Foto: Tangkapan layar

Tempat wisata ini ada di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Ungaran Timur Kabupetan semarang.

Di Kayangan Tebing Alfath bisa dijumpai kolam renang anak, kolan renang dewasa, wisata perahu air, dan spot foto pemandangan Kota Semarang dari tepi tebing.

Harga tiketnya dibandrol Rp10.000 berlaku untuk berenang, berkeliling wisata, beristirahat di gazebo, dan menikmati seluruh area.

White Canyon

White Canyon/ Foto: Tangkapan layar

Destinasi Wisata White Canyon atau Tugulasi ini memberikan pemandangan yang indah berupa pemandangan alam tebing yang menjulang tinggi.

Destiansi wisata ini bisa ditemui di Grobogan, Jawa Tengah yang memiliki warna unit yakni putih keemasan dengan bentuk yang dikarenakan penambangan yang dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Gua Rong View

Goa Rong View/ Foto: Tangkapan layar

Gua Rong View merupakan tempat liburan yang berada di atas bukit di Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Di atas bukit ini pengunjung bisa melihat dengan jelas berbagi jenis gunung.

Mulai dari Gunung Unggaran, Sumbing, Sindoro, dan Telomoyo yang menjulang. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat luasnya Danau Rawa Pening dengan airnya yang jernih. 
Wisata Alam Wana Penggaraon

Pengunjung juga bisa melihat manisnya sunset di kala sore hari untuk berfot berlatar belakang pemandangan matahari terbit yang indah dan romantis.

Wana Penggaron

Wana PEnggaron/ Foto: Tangkapan layar

Belokasi di Desa Susukan, Unggaran Timur, Semarang Jawa Tengah yang merupakan hutan wisata.

Sebenarnya, wisata alam Wana Penggaron ini merupakan salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih, dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.

Hutan binaan ini memiliki luas 500 hetare (Ha) yang bisa dikunjungi untuk berkemah, wisata alam, prewedding, outbond, dan berswafoto.

Terdapat juga berbagai wahan menarik yang bisa dicoba seperti wahana jungle tracking, outbond training, latihan SAR dan pramuka, rekreasi, penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya. 

Berita Terkait