4 Menit di Luar Angkasa, Jeff Bezos: Luar Biasa

20 Juli 2021 23:02 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

TEXAS: Salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos pada Selasa 20 Juli 2021 melesat ke ruang angkasa. Dia ditemani tiga orang yang tergabung dalam misi First Human Flight Blue Origin.

Roket New Shepard yang mendorong modul untuk membawa keempat penumpang itu dari landasan pada 14.12 waktu setempat dari situs peluncuran pribadi Van Horn, Texas.
 

Roket terbang dengan kecepatan hingga 3.500 km/jam. Setelah itu, kapsul yang berada di bagian atas memisahkan diri dari roket dan mencapai garis Karman yang berada di ketinggian 100 km.

Di sanalah keempat penumpang akan sekitar 3 sampai 4 menit menikmati indahnya antariksa. Kemudian kapsul tersebut akan kembali ke Bumi dan mendarat di gurun dengan bantuan parasut besar. Sedangkan roketnya sudah lebih dulu kembali.

Dilansir BBC pesawat itu kemudian turun dengan parasut di gurun Texas Barat 11 menit setelah lepas landas. "Hari yang menakjubkan!" kata Jeff Bezos setelah mendarat.
 

Bezos terbang sembilan hari setelah Richard Branson mengangkasa menggunakan pesawat roket Virgin Galactic. Sempat dikira bersaing untuk menjadi miliarder pertama yang terbang ke antariksa, Bezos mengaku tidak ada persaingan di antara keduanya.

"Ada satu orang yang merupakan orang pertama di luar angkasa. Namanya Yuri Gagarin. Dan itu sudah lama terjadi," kata Bezos dalam program NBC Today, merujuk pada kosmonaut Soviet yang terbang ke luar angkasa pada tahun 1961.

"Saya pikir saya akan menjadi nomor 570 atau sekitarnya. Di situlah kami akan berada di daftar ini. Jadi ini bukan kompetisi. Ini tentang membangun jalur ke luar angkasa agar generasi masa depan bisa melakukan hal-hal luar biasa di luar angkasa," kata  Jeff Bezos.

Berita Terkait