4 Cara Mengelola Keuangan di Tengah Kondisi Pandemi COVID-19

02 Agustus 2021 09:22 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

4 Cara Mengelola Keuangan di Tengah Kondisi Pandemi COVID-19 (livemorezone.com)

JAKARTA - Pandemi COVID-19 telah melanda berbagai wilayah, terutama di Tanah Air. Sejak tahun 2020 hingga sekarang, pandemi COVID-19 tampaknya belum meninjukkan tanda-tanda akan mereda.

Pandemi COVID-19 tentu telah membuat banyak perubahan di kehidupan kita. Pandemi COVID-19 juga mengguncang ekonomi global serta sistem kesehatan.

Tak hanya itu, pandemi COVID-19 juga sangat berdampak pada bidang pariwisata atau perhotelan. Banyak juga para karyawan yang mengalami pemotongan gaji hingga PHK. Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan selama pandemi COVID-19 ini? Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

1. Tinjau Anggaran Harian dan Bulanan Anda
Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Anda juga perlu untuk membuat rencana anggaran dengan mengetahui berapa banyak yang harus Anda belanjakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari dalam seminggu.

Anda juga perlu untuk menyimpan uang ekstra dan memasukkannya ke dana darurat Anda. Hindari pengeluaran yang dilakukan tanpa berpikir seperti berlangganan streaming TV series atau film jika sekarang Anda tidak mampu untuk membayarnya. Hal ini karena kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berlanjut, oleh karena itu persiapan adalah senjata kita.

2. Perkuat Dana Darurat
Idealnya, dana darurat yang harus Anda miliki harus dapat mencukupi kebutuhan Anda selama enam bulan. Dana darurat ini akan menjaga kedamaian mental Anda jika suatu saat harus kehilangan pekerjaan.

3. Lanjutkan dengan Rencana Investasi Jangka Panjang
Pikiran pertama saat pertama kali pandemi melanda pada umumnya adalah segera menarik uang dari reksa dana atau investasi yang lain. Pasar tidak stabil, tetapi rencana investasi jangka panjang Anda tidak akan banyak terpengaruh dalam jangka panjang. Oleh karena itu, tidak bijaksana untuk menarik uang Anda segera.

4 Bekerja pada Sumber Pendapatan Lain
Jika sekarang kini Anda berada dalam kondisi yang mengharuskan untuk bekerja dari rumah, gunakan waktu ekstra ini untuk keuntungan Anda. Jangan berpuas diri berpikir bahwa pekerjaan atau posisi Anda saat ini aman. 

Oleh karena itu, pertimbangkan cara lain untuk menghasilkan uang dari jarak jauh. Mungkin sudah waktunya untuk mempelajari keterampilan baru atau melakukan pekerjaan jarak jauh. Anda juga bisa memulai belajar membuat usaha sampingan karena sekarang adalah waktu yang tepat.

Berita Terkait