4 Cara Mendapatkan Modal Bisnis

04 April 2022 20:20 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Rizky C. Septania

Cara mendapatkan modal (Brankas foto Trenasia/Pixabay.com)

JAKARTA - Bisnis merupakan salah satu keinginan bagi kebanyakan orang. Tidak sedikit sebagai calon pengusaha yang masih merasa kebingunan bagaimana cara mendapatkan modal bisnis. Dimana hal yang paling mendorong bisnis agar bisa berkembang sesuai yang diharapkan ialah modal.

Mendirikan usaha dengan modal yang sedikit bukanlah hal yang tidak mungkin. Tetapi, modal usaha yang besar akan memungkinkan bisnis Anda untuk bisa melakukan pengembangan serta inovasi yang dapat dilakukan dengan cepat. Namun, modal yang dirasa cukup besar menjadi keragunan bagi yang ingin mencoba. Lantas bagaimana cara mendapatkan modal bisnis. Berikut cara mendapatkan modal bisnis:

1.Tabungan Pribadi 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan modal bisnis ialah dari tabungan pribadi. Anda dapat menggumpulkan modal dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan di tiap bulannya agar bisa terkumpul secara perlahan. Dengan hal ini Anda tidak perlu memikirkan utang saat memulai bisnis. Namun, Anda memang memerlukan waktu yang cukup lama agar bisa terkumpul untuk bisa dijadikan modal bisnis.

2. Kredit Bank 

Jika Anda memerlukan modal usaha yang besar secara cepat, Anda bisa meminjamnya menggunakan kredit yang ditawarkan oleh bank. 

Sebelum Anda memantapkan diri menggunakan kredit bank, Anda harus mengetahui kalau kredit memiliki bunga yang tergolong besar. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Untuk menghindari bunga yang besar Anda bisa mengambil kredit dengan jangka waktu yang pendek. 

Selain itu Anda juga harus memikirkan beberapa besaran yang harus dibayarkan setiap bulannya ke bank. Jangan sampai keuntungan dari bisnis Anda habis untuk membayar cicilan kredit bank.

3. Menjual Aset

Menjual aset menjadi saah satu cara untuk bisa mendapatkan modal bisnis. Cukup dengan menjual beberapa aset yang sudah lama tidak terpakai. 

Tetapi, masih memiliki nilai jual sehingga anda bisa mendapatkan modal bisnis. 

Aset yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan modal bisnis antara lain perhiasan, BPKB kendaraan dan Alat elektronik.

4. Mencari Investor 

Anda bisa mendapatkan modal bisnis dari seorang investor. Cara ini juga dinilai cukup cepat mendapatkan modal serta bisa berpotensi mengembangkan bisnis Anda. 

Caranya dengan membuat konsep bisnis ide-ide kreatif dan cara bagaimana mendapatkan keuntungan dari bisnis yang nantinya akan Anda buat. 

Buat investor merasa tertarik sehingga investor merasa yakin untuk bisa meminjamkan modal untuk bisnis Anda sehingga Anda bisa mendapatkan suntikan dana tersebut.

Berita Terkait