4 Alasan untuk Menjadikan Dana Darurat Sebagai Prioritas

03 Agustus 2021 22:07 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

4 Alasan untuk Menjadikan Dana Darurat Sebagai Prioritas

JAKARTA - Hidup ini tidak dapat diprediksi. Seperti yang kita alami sekarang, tentu kita pada tahun-tahun sebelumnya kita tidak akan mengetahui bahwa akan terjadi wabah atau pandemi yang dapat berdampak sampai di segala sektor ini.

Saat seperti ini, jika Anda beruntung, Anda masih memiliki pekerjaan. Ada juga yang tidak beruntung seperti mengalami pemotongan gaji, tidak ada cuti, bahkan PHK. Hal seperti ini tentu membuat kita berpikir pentingnya memiliki dana darurat.

Karena sekarang Anda memiliki gambaran mengenai kondisi darurat, maka sebaiknya segera memprioritaskan tabungan untuk dana darurat sesegera mungkin. Inilah 4 alasan yang membuat Anda harus segera mempersiapkan dana darurat.

1. Menghindari Kondisi Ditagih Kartu Kredit atau Harus Meminjam Teman
Memiliki dana darurat akan membuat Anda tidak memerlukan kartu kredit. Selain itu, Anda juga dapat memiliki kebebasan finansial, di mana Anda tidak harus bergantung pada teman atau keluarga untuk menghidupi Anda sehari-hari.

2. Bekal untuk Istirahat atau Pensiun
Kita hanyalah manusia yang bisa saja mengalami kelelahan. Dana darurat dapat memberi Anda kebebasan finansial saat Anda merasa lelah atau letih baik secara fisik atau mental dan ingin istirahat untuk sementara atau ketika sudah memasuki masa pensiun.

3. Membayar Tagihan Kesehatan
Kita tidak akan tahu kapan kita akan sakit atau terkena sesuatu hal yang tidak sesuai dengan harapan kita. Apalagi, biaya tagihan kesehatan pada umumnya tidaklah sedikit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memprioritaskan dana darurat agar kita tidak kebingungan saat dalam kondisi yang genting.

4. Membayar Perjalanan Mendadak
Kematian tak terduka dari seorang keluarga atau kerabat, baik di pulau lain atau di luar negeri terkadang memaksa kita untuk segera menjenguk mereka. Padahal, tarif perjalanan sendiri bukanlah sesuatu yang murah. Oleh karena itu, dana darurat bisa digunakan untuk mempersiapkan hal tersebut.

Berita Terkait