32.471 Kendaraan Nikmati Tol Danowudu-Bitung Gratis Selama Periode Nataru

08 Januari 2022 01:34 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Sukirno

Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan tol ini membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.240,84 kilometer (Km). (Tangkapan Layar Youtube/TrenAsia.)

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) mencatat ada sebanyak 32.471 kendaraan yang menggunakan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung dengan gratis selama dibuka secara operasional periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra mengatakan harapannya masyarakat bisa merasakan dampak positif dari jalan Tol Danowudu-Bitung selama dioperasikannya secara operasional. Selain itu, dengan dibukanya tol seksi ini wujud tambahan pelayanan Jasa Marga untuk Masyarakat Sulawesi Utara. 

“Jumlah kendaraan yang  melintas di jalan Tol Danowudu-Bitung selama libur Nataru datang dan keluar melewati gerbang tol (GT) Bitung yang dihitung secara kumulatif dari kedua arah,” kata Direktur Utama PT JMB Charles dalam keterangan resmi, Kamis, 6 Januari 2022.

Tol Danowudu-Bitung dibuka secara fungsional dari 23 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022 mulai pukul 06.00-18.00 WITA dan sekarang telah ditutup kembali untuk dilakukan uji laik fungsi (ULF).

Setelah itu akan diterbitkan surat laik operasi (SLO) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai dasar pengoperasian jalan tol sehingga setelahnya peresmian akan dibuka dalam waktu dekat. 

Sebelumnya, JMB membuka seksi Danowudu-Bitung untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan selama libur Nataru tanpa dipungut biaya. Tol seksi Danowudu-Bitung ini dibuka secara fungsional dengan konstruksi jalan telah mencapai 99% dan ditargetkan pada Januari 2022 sudah bisa dioperasikan untuk umum.

Berita Terkait