3 Rekomendasi Wisata di Jalur Mudik Pansela

24 April 2022 09:20 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

3 Rekomendasi Wisata di Jalur Mudik Pansela/ Foto: Tangkapan layar (null)

JAKARTA - Mudik Lebaran 2022 bisa melalui jalur alternatif Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang terhubung dari Banten hingga Pacitan.

Para pemudik yang pergi melalui jalur Pansela akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Selain itu, mudik akan berjalan aman dan nyaman karena posko-posko mudik mulai disiapkan.

Pemudik juga bisa menemui dengan mudah berbagai macam makanan khas daerah di sepanjang jalur Pansela atau beristirahat sekaligus berpariwisata menikmati keindahan panorama laut.

Berikut, tiga rekomendasi pariwisata di jalur mudik Pansela ruas Planjan - Baron - Tepus, dikutip dari media sosial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu, 24 April 2022.

1. Baron Technopark

Baron Technopark/ Foto: Tangkapan layar

Objek pariwisata ini merupakan kawasan wisata edukasi yang letaknya berada di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di dalam kawasan ini terdapat icon unik berupa jam matahari yang membuat pariwisata Anda menjadi lebih asyik dan menambah pengetahuan. 

2. Mercusuar Pantai Baron

Marcusuar Pantai Baron/ Foto: Tangkapan layar

Pariwisata satu ini sangat cocok untuk menikmati keindahan pesisir Pantai Gunungkidul. Mecusuar ini berdiri di atas bukit sisi timur Pantai Baron.

Awalnya, menara mecusuar ini dibangun hanya menara suar yang berupa tiang-tiang namun sekitar 2014 Direktorat Navigasi dan Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelesaikan pembangunan mercusuar setinggi 40 meter (m).

3. Pantai Ngandong

Pantai Ngadong/ Foto: Tangkapan layar

Pantai Ngandong ini letaknya di Desa Sidoarjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Ngandong menjadi salah satu pantai hidden gam yang wajib untuk dikunjungi saat melewati jalur Pansela. 

Berita Terkait