3 Pilar Menjaga Impian Startup Tetap Hidup

JAKARTA – Semua bisnis, dari Elon Musk hingga toko es krim keluarga, dimulai dengan mimpi.

Namun, menjaga mimpi dalam waktu yang panjang dengan segala kekecewaan, penolakan, hingga tantangan logistik adalah bagian paling sulit.

Bagaimana Anda bisa tetap bersemangat untuk jangka panjang ketika tahu sejumlah bisnis kecil gulung tikar pada tahun pertama dan mayoritas tidak berhasil melewati satu dekade?

Stu Sjouwerman, Founder dan CEO KnowBe4 membagi resep – yang disebutnya tiga pilar – bagi pelaku usaha pemula (startup). Berikut tiga pilar yang dimaksudnya, dikutip dari Entrepreneur.

Lakukan dengan benar pada kali pertama

Apakah ini berarti Anda harus melakukan semuanya dengan sempurna? Tidak. Maka itu, Anda tidak bisa hanya bermain-main pada usaha Anda. Anda harus profesional dan mengerjakan pekerjaan rumah Anda sehingga Anda bisa meminimalkan kesalahan.

Waktu adalah sumber daya paling berharga. Ketika Anda memanfaatkannya dengan baik, Anda memaksimalkan investasi yang Anda tanamkan untuk hal lain dan menjaga agar pekerjaan tidak menjadi lebih sulit dari seharusnya.

Pikirkan sejenak bagaimana Anda berinteraksi dengan karyawan Anda dan menyiapkan mereka untuk menjadi sukses. Sumber daya mereka yang paling berharga juga adalah waktu.

Jika Anda menghargainya dan memberi mereka ruang dan alat yang mereka butuhkan untuk bekerja secara efisien, mereka akan jauh lebih produktif dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan Anda. Tetapkan ekspektasi yang tinggi, buat ekspektasi itu sangat jelas, biarkan karyawan Anda mengerjakannya.

Lakukan dengan cepat

Untuk melakukan poin di atas, Anda harus mengatur kalender. Dengan demikian, Anda memiliki cukup waktu untuk benar-benar mempertimbangkan pilihan Anda, mendapatkan umpan balik, dan melihat semua detail yang relevan.

Namun, pasar saat ini adalah kaleidoskop yang selalu berubah. Karena itu, Anda tidak bisa mempertahankan rencana Anda selamanya. Anda harus ‘melanggar’ rencana Anda, mengambil pendekatan langsung, dan berkomitmen untuk melakukan apa pun dengan cepat.

Semakin Anda dapat mencoret rencana dari daftar, yang berarti rencana sudah dieksekusi, semakin besar peluang Anda untuk memanfaatkan pencapaian Anda dan karena itu Anda kian kompetitif.

Susun rencana dengan target kecepatan tinggi untuk mengeksekusinya, tetapi tetap pertahankan kualitas. Dalam bisnis, hal ini akan terlihat hasilnya pada produk yang sangat diinginkan banyak orang dengan harga yang bagus.

Bersenang-senang

Memang benar bahwa bisnis mengandung keseriusan. Ada banyak hal yang dipertaruhkan dalam berbisnis: uang, reputasi, dan kesehatan.

Namun dalam skema besar, bisnis hanyalah sebuah permainan yang nilainya diukur dalam rupiah. Anda akan mengetahui hal ini setelah Anda kaya raya, atau jika Anda berbicara dengan orang yang sudah kaya.

Begitu Anda berada di posisi itu, pekerjaan bukanlah tentang uang. Ini tentang orang-orang dan kegembiraan membawa sesuatu yang menarik dan bagus ke pasar. Ini tentang menantang diri sendiri setiap hari untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan.

Jadi, tidak hanya bekerja dengan keras, bekerjanya dalam semangat bermain – senyum, tertawa, bercanda.

Tags:
bisnispelaku usahaperusahaan rintisanStartupStartup Companytips bisnistips memulai bisnisUKMumkm
%d blogger menyukai ini: