25 Tahun Hilang, Misteri Aston Martin D5B James Bond Mungkin Segera Terpecahkan

31 Agustus 2021 16:16 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

LONDON-Aston Martin D5B James Bond menjadi salah satu mobil yang meninggalkan misteri sejak hilang 25 tahun lalu.

Kendaraan tersebut dikendarai oleh Sean Connery di Goldfinger tahun 1964. Mobil dibeli pada tahun 1986 seharga US$ 275.000 dan diasuransikan oleh pemiliknya, pengembang real estat Anthony Pugliese III seharga US$4,2 juta. Pada 19 Juni 1997 mobil itu dicuri dari hanggar pesawat di Bandara Boca Raton Florida.

Aston Martin D5B menghilang tanpa jejak. Sedikit atau bahkan tidak ada bukti yang ditemukan, membuat banyak orang percaya itu kemungkinan diterbangkan dari hanggar oleh pesawat kargo yang menjalankan bisnis narkoba.

Penyelidikan dipimpin oleh CEO Art Recovery International Christopher A. Marinello. Perusahaan melacak barang-barang berharga untuk perusahaan asuransi, termasuk barang-barang yang dijarah oleh Nazi. Menurut Marinello, Aston Martin yang hilang akan menjadi "Cawan Suci" -nya dan dia siap memberikan hadiah US$ 100.000 untuk informasi yang berguna.

Dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph dan dikutip The Vintage News Senin 30 Agustus 2021 Marinello mengaku telah menerima informasi yang menjanjikan mengenai lokasi Aston Martin D5B saat ini. Menurut artikel tersebut, nomor VIN mobil baru-baru ini terlihat dan diyakini saat ini menjadi bagian dari koleksi pribadi di Timur Tengah.

Marinello mengklaim pemilik saat ini memiliki sekitar 4.000 kendaraan dan merupakan salah satu kolektor mobil top dunia. Dia menolak untuk secara terbuka menyebutkan negara tempat mereka tinggal, selain yang terletak di Timur Tengah.

"Ada kolektor mobil besar di negara-negara itu dan saya memiliki intelijen bahwa mobil itu akan berada di salah satu dari mereka," katanya. 

Adalah kebijakan saya untuk memberi pemilik barang curian dan jarahan kesempatan untuk melakukan hal yang benar. "Saya tidak percaya pemilik saat ini tahu mobil itu dicuri ketika dia mendapatkannya," lanjutnya. 

Aston Martin D5B bisa dibilang mobil Bond paling terkenal. Kendaraan itu dilengkapi dengan kursi ejector, kaca depan anti peluru, senjata mesin, penghancur ban, dan penyembur minyak, asap, dan air. Peralatan-peralatan itu telah dihapus sebelum mobil tersebut dijual. Empat total dibuat dan satu lagi disimpan. Dua D5B selanjutnya digunakan untuk tujuan promosi, dengan satu di lelang pada tahun 2006.

 

Berita Terkait