Kehidupan Normal Harus Kembali Jalan, Kalau Tidak Susah

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kehidupan normal harus kembali berjalan apabila Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah dinyatakan berakhir oleh Pemerintah.

“Semua kehidupan normal ini harus kembali berjalan, karena kalau tidak berjalan nanti kita susah semua,” ujar Dasco, saat ditemui usai mengecek prosedur penanganan COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu 23 Mei 2020. Namun, kehidupan normal yang baru nanti juga harus menerapkan protokol penanganan COVID-19 yang ketat.

Dalam pelaksanaannya, Dasco menilai harus dirumuskan seperti apa penerapan protokol penanganan COVID-19 yang efektif, di kala kondisi normal yang baru (new normal) nanti berjalan.

“Kami pikir juga, yang penting sekarang itu bagaimana kita membuat tatanan hidup baru, kita membuat suasana normal yang baru dengan protokol COVID-19 yang ketat,” ujar Dasco.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu juga meminta protokol kesehatan tetap dijalankan di pintu-pintu kedatangan orang, seperti di bandara, sehingga potensi penyebaran Virus Corona tidak terjadi.

Saat inspeksi mendadak bersama anggota Satgas Lawan COVID-19 DPR lainnya, seperti Arteria Dahlan, Andre Rosiade, Habiburrokhman, Melki Laka Lena, dan Charles Meikyansah di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, Dasco mengungkapkan Satgas Lawan COVID-19 DPR berterima kasih kepada seluruh pemangku kebijakan yang telah menjalankan prosedur penanganan COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta.

Satgas Lawan COVID-19 DPR berharap protokol kesehatan yang sudah diterapkan tersebut bisa terus konsisten berjalan baik menuju kehidupan normal yang baru atau ‘new normal’.

“Kami sangat apresiasi kepada semua pihak terkait di bandara. Kalau kemarin kan sempat viral ada penumpukan penumpang, namun pada hari ini memang selain karena frekuensinya agak sepi tapi juga memang penanganan Protap COVID-19 tadi sudah kami lihat dilakukan dengan benar. Di mana, pemeriksaan dengan ketat baik dari sisi administrasi maupun sisi kesehatan,” ujar Dasco.

Ia berharap hal tersebut dapat terus ditingkatkan baik dari sisi administrasi maupun sisi kesehatan. Tak hanya itu, Dasco mengingatkan kembali seluruh maskapai penerbangan menerapkan Protap COVID-19 khususnya seperti yang telah dilakukan oleh Garuda Indonesia.

“Tadi, kami juga sudah berbincang-bincang dengan kru Garuda Indonesia. Dimana, Garuda Indonesia sudah membuat protap tentang jumlah penumpang serta jarak antarpenumpang, tempat duduk di dalam pesawat. Kami berharap semua maskapai bisa membuat protap yang sama,” ujarnya dilansir Antara.

Hal lain yang perlu diantisipasi lagi, menurut dia, adalah kemungkinan melonjaknya jumlah penumpang yang akan pergi maupun kembali, sehingga ke depan perlu dikalkulasi lagi jumlah petugas maupun check point yang perlu disiapkan baik itu untuk pengecekan kesehatan maupun untuk pengecekan administrasinya.

Tags:
Covid-19New NormalVirus Corona
%d blogger menyukai ini: