120 Tahun Terpisah, Hercules Kembali Temukan Kepalanya

02 Agustus 2022 22:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

YUNANI- Sebuah harta karun berupa patung yang menyerupai kepala manusia kembali ditemukan. 

Terbuat dari marmer, para tim peneliti dari universitas Jenewa menyebut penemuan tersebut sebagai kepala manusia setengah dewa, Hercules.

“Kepala ini  memiliki janggut besar, wajah yang sangat khusus dan rambut pendek. Tidak diragukan lagi itu adalah Hercules,” ujar arkeolog klasik yang mengawasi misi bawah laut dengan University of Jenewa, Lorenz Baumer seperti dikutip TrenAsia.com Selasa, 2 Agustus 2022. 

Menurut para peneliti, patung kepala Hercules tersebut merupakan bagian dari harta karun lainnya yang telah ditemukan 120 tahun lalu di sekitar pulau Antikythera. Dengan ditemukannya artefak berupa pepala patung, akhirnya Hercules kini kembali punya kepala setelah buntung lebih dari satu abad.

Kepala Hercules ditemukan bersama dengan alas patung marmer lainnya, gigi manusia dan bagian dari peralatan kapal setelah memindahkan tiga bongkah batu seberat 8,5 ton yang menutupi sebagian bangkai kapal di dasar laut.  

Sebagai informasi, patung marmer Hercules tersebut disinyalir berasal dari sebuah kapal kuno termegah di dunia yang karam kisaran 2000 tahun yang lalu. Pada 1901, seorang penyelam karang menemukan sisa sisa kapal secara tak sengaja.

Di antara penemuan puing kapal, yang peling menarik perhatian adalah muatan yang terdiri dari patung marmer dan perunggu raksasa.

Selain itu, ada juga  keramik dan barang pecah belah disinyalir digunakan untuk memetakan gerakan matahari, bulan dan planet-planet. Alat ini  digambarkan oleh para ilmuwan sebagai komputer analog pertama di dunia.

Berita Terkait