11 Kapal Siaga Mencari Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu

January 10, 2021, 11:49 AM UTC

Penulis: Laila Ramdhini

Sea Rider Basarnas dan KRI Rigel milik TNI AL melakukan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 / Dok. Basarnas

JAKARTA – Sebanyak 11 kapal disiapkan untuk mencari pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021. Kapal tersebut terdiri atas empat kapal milik Badan SAR Nasional (Basarnas) dan tujuh milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Basarnas Bagus Puruhito mengungkapkan pihaknya menyiagakan kapal perairan Kepulauan Seribu, atau dekat lokasi hilangnya kontak pesawat. Empat kapal yang siaga yakni jenis sea rider dan tiga kapal patroli.

“Begitu Basarnas menerima informasi, langsung kami mengecek ke lokasi. Dan kami menyebarkan ke seluruh pihak di sekitar perairan agar melaporkan jika ada pemancar sinyal darurat,” kata Bagus dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 1 Januari 2021.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub mengerahkan tujuh kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Lima di antaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok. Kapal itu yakni KN Trisula P-111, KN Alugara P-114, KN Celurit P-203, dan KN Belati P 205. Kelimanya saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu. Selain itu, RIB SAR PLP siaga di Tanjung Priok.

Adapun Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kepulauan Seribu mengerahkan dua kapal patroli yaitu KN.355 dan V.S054 yang akan berangkat besok pagi.

Direktur KPLP Ahmad menjelaskan bahwa kapal-kapal patroli KPLP siap siaga dan segera bergabung dengan tim SAR dibawah komando dari Basarnas untuk melakukan pertolongan dan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Sementara itu, nakhoda kapal Trisula, Eko Surya mengatakan bahwa kapal Trisula telah menemukan benda-benda yang diduga milik Sriwijaya Air. Hingga saat ini, kapal Patroli Trisula masih berada di lokasi untuk terus melakukan pencarian dan pertolongan. (SKO)