11 Fakta Kebersihan Viking yang Mengubah Persepsi Kita Tentang Gaya Hidup Mereka

14 September 2021 17:35 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

Gambaran bangsa Viking (Cheat Sheet)

JAKARTA- Viking yang ditampilkan dalam film-film Hollywood dan acara TV sering digambarkan sebagai orang yang kotor dan vulgar. Kenyataannya, kebiasaan kebersihan orang Viking ternyata sangat modern. Dari jamban hingga peralatan perawatan pribadi, 

Anda mungkin akan terkejut dengan betapa seriusnya mereka menjaga kebersihan dan penampilannya. Berikut 11 gaya hidup Viking yang kerap digambarkan terbalik oleh film dan TV sebagaimana dikutip dari The Vintage News

Rutin Mencuci Wajah dan Rambut 

Gambara yang dibuat di film dan acara TV membuat kita yakin wajah Viking selalu tertutup kotoran. Sayangnya itu jauh dari kebenaran. Setidaknya sekali sehari, mereka akan mencuci muka dan rambut mereka. Pelancong Arab Ibnu Fadlan menjelaskan bahwa baskom berisi air akan dibawa oleh seorang pelayan. Viking akan mencuci tangan dan rambut mereka dan kemudian mencelupkan sisir ke dalam air sebelum menyisir rambut mereka.

Sebelum memberikan mangkuk ke orang berikutnya, mereka akan meniup hidung mereka dan meludah ke dalam air, meskipun airnya kemungkinan akan diganti sebelum digunakan oleh Viking lain.

Menyisir Secara Teratur

Berbicara tentang pentingnya mencuci rambut, orang Viking juga percaya bahwa rambut mereka harus disisir secara teratur. Kebanyakan Viking membawa sisir pribadi dalam kotak kayu yang akan melindungi gigi sisir. Sisir mereka terbuat dari kayu, tulang, gading, atau tanduk. 

Alat Perawatan Viking

Semakin banyak artefak sejarah menunjukkan bahwa Viking juga merawat telinga, kuku, dan banyak lagi. Alat yang menyerupai gaya modern, pembersih telinga, dan barang-barang lainnya telah ditemukan. Alat yang kita gunakan saat ini paling sering dibuat oleh bangsa Viking dengan menggunakan tulang dan tanduk hewan. Mereka bahkan membawa barang-barang perawatan mereka ketika mereka meninggal

Pemakaman Viking

Ketika seorang Viking meninggal mereka akan dikuburkan dengan barang-barang pribadi yang memiliki arti bagi mereka. Selain senjata dan barang-barang dari orang yang mereka cintai termasuk dalam penguburan itu, ada juga pisau cukur, pinset, sisir, dan barang-barang perawatan pribadi lainnya.

Mereka Memiliki Jamban 

Orang-orang Viking memiliki jamban umum yang terletak jauh dari rumah mereka, biasanya ditempatkan di daerah-daerah yang padat. Meski sudah ada toilet umum, beberapa orang Viking memiliki jamban di rumah mereka sendiri.

Menurut PastFactory, di reruntuhan Stöng, para peneliti menemukan jamban dengan parit di dalamnya. Parit itu membawa kotoran manusia keluar dari rumah. Diyakini bahwa Viking dengan status lebih tinggi di masyarakat mampu membeli rumah dengan sistem pembuangan limbah yang relatif modern.

Menodai Penampilan Viking Lain adalah Kejahatan

Mempermalukan seorang Viking dengan merusak penampilan mereka adalah ilegal. Hukum Islandia awal menjelaskan betapa seriusnya penampilan Viking. “Jika seorang pria memotong rambut dari kepala seseorang atau membuatnya kotor di mana saja untuk mempermalukannya atau merobek atau memotong pakaian darinya … .” Jika melanggar aturan ini dapat melucuti Viking dari perlindungan hukum dan sosial mereka.

Tinggal Bersama Ternak

Meski Viking menerapkan banyak hal terkait kebersihan, mereka juga tinggal di dalam rumah dengan ternak mereka. Praktik ini terjadi selama bulan-bulan musim dingin yang esktrem.

Rumah tempat tinggal Viking terbuat dari kayu dengan atap jerami atau rumput dan tidak memiliki jendela. Kurangnya sirkulasi di rumah sering mengakibatkan parasit dan penyakit menyebar ke pemilik hewan. Para peneliti yang memeriksa jamban kuno menemukan penyebaran penyakit. Sayangnya, hal ini terpaksa dilakukan untuk menjaga hewan mereka agar tidak mati kedinginan selama bulan-bulan musim dingin.

Sabtu untuk Mandi

Pada hari Sabtu, seluruh komunitas Viking akan mandi di danau dan sungai terdekat. Meski mandi seminggu sekali di zaman sekarang mungkin hal yang jorok, itu hampir tidak pernah terdengar selama periode waktu tersebut. Viking adalah salah satu peradaban terbersih saat itu.

Kebersihan Mulut dan Gigi Mereka Umumnya Baik 

Meski manusia modern umumnya cukup baik tentang kebersihan mulut mereka, gigi yang sehat tidak hanya milik untuk zaman kita saat ini. Untuk Viking, mereka umumnya memiliki sedikit gigi berlubang dan gigi yang lepas. Namun, ini bukan hasil dari menyikat gigi secara rajin. Sebaliknya, mereka tidak makan gula rafinasi yang, pada gilirannya, mencegah gigi mereka membusuk.

Jenggot Viking Yang Luar Biasa 

Bukan hanya rambut di kepala mereka yang dipedulikan oleh Viking, pada kenyataannya, rambut di wajah bahkan lebih dirawat dengan hati-hati. 

Seiring bertambahnya usia pria dalam budaya, ukuran janggut mereka menunjukkan kedewasaan dan kejantanan mereka. Jenggot yang terawat baik adalah simbol status. Ini menjelaskan mengapa orang Viking membawa pisau cukur dan secara rutin merawat penampilan janggut mereka. Tetapi di film jenggot Viking digambarkan awut-awutan dan kotor.

Tidak Mandi Saat Berkabung

Ketika orang yang dicintai meninggal, Viking akan membuang semua ritual perawatan dan mandi mereka. Ini sebagai bentuk berduka atas kehilangan itu. Tetapi begitu mereka selesai berkabung, kembali ke rutinitas kebersihan normal terjadi.

Berita Terkait