10 Pilihan Aplikasi Streaming Film Saat Bioskop Belum Buka

JAKARTA – Selama pandemi COVID-19, aktivitas seseorang di luar rumah menjadi sangat dibatasi. Masyarakat lebih banyak melakukan kegiatan di rumah, mulai dari bekerja, belajar, hingga bersantai atau refreshing yang dilakukan secara virtual.

Salah satu alternatif pilihan yang dapat dipilih untuk melepas penat, yakni dengan menonton film favorit.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, menonton film tidak harus pergi ke bioskop. Banyak aplikasi penyedia film lokal maupun mancanegara yang bisa diunduh melalui smartphone.

Berikut 10 aplikasi streaming film yang bisa Anda pilih untuk menikmati kegiatan bersantai di rumah.

1. Netflix

Tak hanya menyajikan film dari rumah produksi papan atas, salah satu layanan streaming paling populer ini juga memproduksi filmnya sendiri, yakni Netflix Original.

Beberapa film yang digarap oleh Netflix di antaranya Stranger Things, Money Heist, House of Cards, dan lain-lain. Netflix juga menyajikan film Indonesia, seperti Dilan, Ada Apa Dengan Cinta, Tabula Rasa, dan sebagainya.

Selain film, aplikasi yang mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 2006 ini juga memiliki konten lain, seperti serial televise, drama, hingga reality show.

Netflix dapat digunakan di perangkat Android, iOS, hingga televisi jaringan. Anda dapat berlangganan dengan beberapa pilihan dengan rentang harga Rp49.000 per bulan khusus ponsel, hingga premium dengan kualitas HD, 4K, dan HDR seharga Rp169.000 per bulan.

2. Iflix

Layanan video on demand yang hadir di Indonesia pada 2015 ini menyajikan konten beragam, mulai dari serial televisi, film box office, atau acara khusus bagi anak-anak.

Genre film yang terdapat di aplikasi asal Malaysia ini pun beragam, antara lain drama, action, horror, romance, Chinese, Indonesia, kids, dan sci-fi.

Adapun tarif berlangganan bisa diakses mulai dari Rp2.000 per hari, Rp10.000 per minggu, Rp40.000 per bulan, hingga Rp347.000 per tahun.

3. Viu

Platform ini terutama unggul dalam menyediakan konten drama series, variety show, hingga reality show Korea. Namun, sebenarnya sejumlah serial televisi lain berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang, dan India juga dapat diakses dalam layanan ini.

Viu merupakan layanan video over-the-top (OTT) yang dikelola oleh PCCW Media Hong Kong. Resmi hadir di Indonesia pada tahun 2016, Viu menawarkan paket berlangganan dengan biaya mulai dari Rp10.000 hingga Rp60.000.

4. Catchplay

Aplikasi ini menyediakan film serial, termasuk yang sedang ditayangkan di bioskop. Salah satu situs layanan streaming yang paling sering meng-update film Indonesia ini dapat digunakan secara gratis namun terbatas, atau berbayar dengan akses penuh.

Paket berbayar dikenakan biaya Rp45.000 per bulan atau paket sewa film dengan harga Rp15.000 hingga Rp22.000.

5. Genflix

Genflix menyediakan layanan streaming film serial, juga film anime dari Jepang. Biaya berlangganan di aplikasi ini relatif murah, yakni sebesar Rp49.000 per bulan. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati tontonan film di sini maksimal dalam tiga perangkat. Konten yang disajikan di Genflix akan berubah setiap bulan.

6. GoPlay

Bagian layanan yang disediakan oleh Gojek ini menyajikan konten hiburan yang berisi film lokal maupun mancanegara. Untuk dapat menikmati fasilitas tersebut, pengguna dapat membayar biaya berlangganan minimum Rp89.000 per bulan.

Sejak diluncurkan pada September 2019, GoPlay telah menjangkau ratusan ribu pengguna ponsel baik di dalam maupun di luar ekosistem Gojek. Aplikasi ini memperkenalkan dan mendistribusikan karya para pelaku industri film Indonesia ke pasar yang lebih luas.

Selain itu, GoPlay juga memberikan akses eksklusif bagi konsumen ke ratusan film dan serial yang diproduksi secara lokal.

Belum lama ini, GoPlay bisa disaksikan di layar televisi melalui fitur terbarunya, cast. Layanan ini bisa digunakan lewat perangkat Chromecast bagi Android atau AirPlay untuk smartphone Apple.

Apabila pengguna ingin mencobanya, sebelumnya harus dipastikan aplikasi GoPlay tersebut versi terbaru. Selain itu, televisi yang dipakai juga harus terhubung dengan Chromecast baik dengan dongle, built-in, atau memakai Apple TV Set Top Box.

7. Hooq

Hooq menyediakan film dan serial dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Konten yang disajikan pun dapat ditonton secara gratis dan berbayar. Model penayangan film dapat dilakukan dengan sewa berbayar, misalnya biaya sewa Rp24.000 untuk satu minggu.

8. Amazon Prime Videos

Layanan streaming film ini banyak membeli lisensi atau membiayai produksi film sendiri dengan nama Amazon Original. Beberapa filmnya, seperti The Boys, Jack Ryan, hingga The Grand Tour.

Untuk awalan, pengguna dapat menggunakan masa percobaan gratis selama 30 hari hari. Setelah itu, biaya paket berlangganan akan dikenakan sebesar Rp85.000 per bulan.

9. Vidio

Mirip dengan kebanyakan aplikasi streaming film, Video juga menyajikan berbagai konten televise, film, sinetron, original series, hingga olahraga.

Untuk menjadi pengguna premium, akan dikenakan tarif Rp49.000 per bulan, sedangkan Rp19.000 untuk akses paket Gold.

10. HBO Go

Aplikasi yang merupakan turunan dari channel televisi HBO ini menghadirkan film yang beragam. Sama halnya dengan Netflix, HBO Go juga memproduksi film sendiri, seperti Game of Thrones, Sillicon Valley, Veep, dan Chernobyl. Biaya berlangganan paket di sini sebesar Rp60.000 per bulan. (SKO)

Tags:
bioskopCovid-19Filmfilm indonesiagenflixGoPlayHBO GoHeadlineHooqiflixnetflixStreaming filmVidioViu
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: