RightsLedger Ramaikan Bisnis Konten Kreator di Indonesia

TrenAsia (TA) - RightsLedger menawarkan bisnis konten kreator di beberapa negara Asia termasuk Indonesia. Perusahaan ini menyediakan platform konten digital yang bisa dimonetisasi.

Saat ini, RightsLedger tengah menyiapkan tiga buah platform yakni Milio (sosial media), milSTAGE (streaming platform), dan milDEALS (market place).

“Ketiga aps ini akan berkaitan dengan digital conten. Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama tapi yang diperjual belikan adalah digital konten,” ujar Rio K Liau, Country Director RightsLedger Global Indonesia, di Jakarta.

Rio menjelaskan, RightsLedger akan menyediakan platform, konten kreatornya adalah pengguna itu sendiri. Tapi RedsLedger tidak ikut memiliki konten tersebut. Dengan begitu, konten kreator berhak mengatur semuanya. Dia memberikan contoh Uber dan Grab yang membuat aplikasi tapi tidak memiliki mobilnya.

“Kami melihat industri platform ke depannya akan bersifat sharing. Dan kami akan masuk ke area ini,” kata Rio.

Selain itu, hal yang membedakan RightsLeger dari platform lainnya adalah penerapan teknologi blockchain pada konten digital yang diunggah pengguna di platformnya.

Data yang sudah terekam dalam jaringan blockchain sangat sulit diubah maupun dimodifikasi. Penerapan blockchain akan membantu pengguna memproteksi kontennya serta sebagai bukti atas kepemilikan konten tersebut jika ada pengguna lain yang menduplikasi kontennya.

“Pembuktian kepemilikan sebuah konten menjadi penting karena saat ini konten adalah sebuah properti yang memiliki potensi nilai ekonomi tinggi,” tutup Rio.