Medco Tambah Pasokan Listrik 275 MW di Sumatra

TrenAsia (TA) -tcodep style="text-align: justify;">JAKARTA– PT Medco Ratch Power Riau akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Riau sebesar 275 MW. Anak perusahaan Medco Power itu telah menanunuki Lotte Engineering & Constuction (LEC) sebagai kontraktor rekayasa. 

Setelah deklarasi pemenuhan pembiayaan (financial close) kepada PLN pada tanggal 23 Agustus 2018, persiapan pekerjaan lapangan telah dimulai pada akhir November 2018 yang ditandai dengan telah diterimanya Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup (SKKLH) untuk area pembangkit oleh Walikota Pekanbaru dan penerbitan surat instruksi kerja (Notice to Proceed/NTP) dari MRPR kepada LEC. 

PLTGU Riau yang bernilai investasi US$ 290 Juta ini akan dibangun di wilayah rencana pengembangan Kawasan Industri Tenayan Kota Pekanbaru. Pembangkit listrik ini diharapkan akan mulai beroperasi pada kuartal dua tahun 2021. Saat ini proyek PLTGU 275 MW ini masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah Republik Indonesia yang berada di dalam wilayah Provinsi Riau. 

Eka Satria, Presiden Direktur Medco Power mengatakan pembangkit ini diharapkan bisa menambah pasokan Listrik sebesar 275 MW ke dalam jaringan listrik Sumatera dan bisa membantu terpenuhinya target peningkatan elektrifikasi di wilayah Riau. 

Hal ini juga sejalan dengan visi Medco Power untuk menjadi perusahaan produsen listrik swasta (IPP) yang ramah lingkungan dan penyedia jasa Operasi & Pemeliharaan (O&M) yang handal dengan misi untuk membangun dan mengoperasikan IPP berbahan bakar gas alam, panas bumi dan energi terbarukan lainnya seperti tenaga surya serta infrastruktur gas. (Nasser Panggabean)